BERANDA PROFIL

PENGGUNAAN ANDROID UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN



MAKALAH

PENGGUNAAN ANDROID UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN

Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi
Oleh :
Laelatul Tohiroh (Teknologi Pendidikan_1102412015)



                                                 KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Tuhan yang maha Esa atas limpahan rahmatnya yang telah mengkaruniakan kesehatan kepada penulis, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah Penggunaan Android untuk Media Pembelajaran. Tak lupa pula penulis mengucapkan terimakasih kepada dosen pengampu mata kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi yang telah mengarahkan penulis dalam penyusunan makalah ini.
Makalah Penggunaan Android untuk Media Pembelajaran disusun untuk memenuhi tugas pada mata kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi. Makalah ini diharapkan dapat membantu memberi pemahaman kepada pembaca mengenai penggunaan android khususnya untuk media pembelajaran bagi siswa.
Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan makalah ini, penulis belum dapat maksimal dan masih ada kekurangan di sana-sini. Oleh karena itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran untuk menyempurnakan makalah yang telah penulis susun. Dan semoga makalah Penggunaan Andorid untuk Media Pembelajaran dapat bermanfaat bagi semua pembaca. Aamiin.
                                                                                                                                         Penulis

                                                                                                                                  Laelatul Tohiroh

                                                       I. PENDAHULUAN

A.     LATAR BELAKANG MASALAH
Seiring dengan perkembangan zaman pada abad 20 ini, perkembangan di bidang teknologi informasi dan komunikasi semakin pesat. Perkembangan teknologi informasi berlangsung sangat cepat dan dinamis. Hampir setiap hari selalu berkembang dan menghasilkan produk-produk baru yang semakin canggih. Produk-produk hasil perkembangan teknologi informasi dan komunikasi selalu menjadi barang buruan konsumen yang hendak menikmati kecanggihan-kecanggihan dari produk terbaru.
Indonesia merupakan negara dengan konsumen produk-produk hasil perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terbanyak. Setiap ada produk-produk terbaru, sebagian orang Indonesia rela mengeluarkan sejumlah uangnya untuk membeli produk-produk tersebut. Entah apa yang menjadi alasan mereka membeli produk-produk terbaru. Sebagian memang dapat memanfaatkan produk tersebut dengan baik. Namun tidak dapat dipungkiri juga bahwa banyak konsumen dari Indonesia yang hanya membeli untuk bergaya di depan teman-temannya tanpa memanfaatkan kecanggihan dari produk yang ia beli. Sehingga yang seperti itu terkesan dimanfaatkan oleh perkembangan teknologi bukan memanfaatkan perkembangan teknologi.
Fenomena di atas harus dapat dihindari oleh para konsumen khususnya konsumen dari Indonesia. Kita harus mampu memanfaatkan setiap hasil dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi untuk kemajuan negara kita khususnya di bidang pendidikan dan bidang ekonomi. Hal tersebut tidaklah sulit jikalau kita dapat memahami manfaat atau kegunaan dari suatu produk sehingga kita dapat menggunakan dengan maksimal dan kita juga harus memahami apa kelebihan dan kekurangan suatu produk.
Pendidikan sebuah negara sangat menentukan kemajuan negara tersebut. Semakin maju pendidikan di suatu negara maka semakin majulah negara tersebut, demikian sebaliknya. Dari pernyataan tersebut dapat dipahami jika kita hendak memajukan negara kita maka langkah yang harus ditempuh adalah memajukan pendidikan kita terlebih dahulu. Tentunya untuk memajukan pendidikan kita memerlukan kerjasama dari berbagai pihak khususnya guru dan siswa.
Seorang guru yang handal sudah seharusnya dapat memilih jenis media pembelajaran yang dapat menunjang proses belajar mengajar siswa. Saat ini dengan berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi banyak sekali yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Salah satunya yaitu melalui Android yang saat ini sedang berkembang sangat pesat. Dari hal itulah penulis menyusun makalah Penggunaan Android untuk Media Pembelajaran sebagai jawaban dari masalah di atas.
B.      RUMUSAN MASALAH
1)     Apa definisi dan sejarah Android?
2)     Apakah kegunaan dari Android?
3)     Apa saja aplikasi yang dapat digunakan dalam pendidikan?
4)     Bagaimana penggunaan android untuk media pembelajaran?
5) Bagaimana cara memaksimalkan penggunaan android untuk media pembelajaran?
6)   Bagaimana cara mengatasi dampak negatif dari penggunaan Android untuk media pembelajaran?
C.     TUJUAN PENULISAN
1)     Mengetahui definisi dan sejarah dari Android.
2)     Mengetahui kegunaan dari Android.
3)     Mengetahui aplikasi-aplikasi yang dapat digunakan dalam pendidikan.
4)     Mengetahui cara penggunaan Android untuk media pembelajaran.
5)     Mampu memaksimalkan penggunaan Android untuk media pembelajaran.
6)   Mampu mengatasi dampak negatif dari penggunaan Android untuk media pembelajaran

                                                  II. PEMBAHASAN

A.     DEFINISI DAN SEJARAH ANDROID
Android merupakan sistem operasi berbasis Linux, yang termasuk ke dalam sistem operasi open source yang dirancang untuk perangkat seluler layar sentuh misalnya telepon pintar dan tablet. Yang dimaksud dengan open sistem operasi open source yaitu sebuah sistem operasi dengan sumber terbuka yang memungkinkan para user untuk mengembangkannya secara terbuka. Hal itu memberikan kesempatan yang besar bagi para pengembang aplikasi dan para pembuat aplikasi-aplikasi.
Pada awalnya Android dikembangkan oleh Android Inc. Dibantu dukungan dari Google. Pada tahun 2005 Google akhirnya membeli android. Pada tahun 2007 sistem operasi Android dirilis secara resmi, saat itu bersamaan dengan didirikannya Open Handset Alliance yang merupakan konsorsium dari perusahaan-perusahaan perangkat keras, perangkat lunak, dan telekomunikasi dengan tujuan memajukan standar terbuka perangkat seluler. Dan pada tahun 2008 ponsel Android untuk pertama kalinya dijual tepatnya pada bulan Oktober.
Sistem operasi Android mempunyai banyak komunitas pengembang aplikasi yang mengembangkan fungsionalitas perangkat, umumnya ditulis dalam versi kustomisasi bahasa pemrograman Java. Perkembangan android sangat pesat terbukti pada bulan Oktober 2012 terdapat sekitar 700.000 aplikasi yang telah disediakan untuk Android. Selain itu terdapat sekitar 25 juta aplikasi yang telah diunduh dari Google Play yang merupakan toko utama Android. Survey juga menemukan bahwa Android merupakan platform terpopuler bagi para pengembang dan digunakan oleh 71% pengembang aplikasi seluler pada bulan April-Mei 2013.
Hal-hal di ataslah yang memberikan kontribusi bagi perkembangan Android, sehingga Android menjadi sistem operasi telepon pintar yang paling banyak digunakan di dunia dan pada tahun 2010 dapat mengalahkan Symbian. Selain itu Android juga menjadi rebutan perusahaan-perusahaan teknologi yang menginginkan sistem operasi berbiaya rendah dan sangat ringan untuk perangkat berteknologi tinggi tanpa harus mengembangkannya dari awal.
Android yang pada awalnya merupakan sistem operasi yang dirancang khusus untuk telepon pintar dan tablet, dikembangkan jugga menjadi aplikasi tambahan pada televisi, konsol permainan, kamera digital, dan perangkat elektronik lainnya. Android yang bersifat terbuka telah mendorong munculnya sejumlah besar komunitas pengembang aplikasi untuk menggunakan kode sumber terbuka sebagai dasar proyek pembuatan aplikasi, dengan menambahkan fitur-fitur baru bagi pengguna tingkat lanjut atau mengoperasikan Android pada perangkat yang secara resmi dirilis dengan menggunakan sistem operasi lain.
Android dapat menguasai pangsa pasar global, dipimpin oleh produk-produk  dari Samsung, dengan persentase 64% pada bulan Maret 2013. Pada bulan Juli 2013, terdapat 11.868 perangkat Android dengan beragam versi. Keberhasilan Android juga menjadikan Android sebagai target ligitasi paten "perang telepon pintar" diantara perusahaan-perusahaan teknologi. Sampai bulan Mei 2013, ada 900 juta perangkat Android yang telah diaktifkan di seluruh dunia, dan  sekitar 48 miliar aplikasi telah dipasang dari Google Play.
B.      KEGUNAAN ANDROID
Jika kita membicarakan apa kegunaan Android terdapat fitur-fitur yang ada pada Android diantaranya yaitu :
a.      Handset layout
Platform ini dapat beradaptasi dengan yang lebih besar, VGA, 2D grafis perpustakaan, perpustakaan grafis 3D berdasarkan spesifikasi OpenGL ES 2.0, dan tata letak smartphone tradisional.
b.      Penyimpanan
SQLite, database relasional ringan, yang dapat digunakan untuk menyimpan data.
c.       Konektivitas
Android support dengan teknologi konektivitas termasuk GSM / EDGE, IDEN, CDMA, EV-DO, UMTS, Bluetooth, Wi-Fi, LTE, dan WiMAX NFC.
d.      Pesan
SMS dan MMS tersedia dalam bentuk pesan, termasuk pesan teks berulir dan sekarang Cloud Android Untuk Perangkat Pesan (C2DM) juga merupakan bagian dari Android Dorong Layanan Olahpesan.
e.      Beberapa dukungan bahasa
Android dapat support dengan beberapa bahasa, sehingga lebih fleksibel.
f.        Web browser
Browser web yang disediakan oleh Android berdasarkan pada mesin open source WebKit tata letak yang ditambah dengan mesin JavaScript Chrome V8.
g.      Dukungan Java
Kebanyakan aplikasi Android ditulis di Java, di platform tidak ada Java Virtual Machine dan kode Java byte tidak dapat dieksekusi. Kelas Java dikompilasi ke dalam executable Dalvik dan berjalan di Dalvik, mesin virtual khusus yang dirancang khusus untuk Android dan dioptimalkan untuk baterai bertenaga perangkat mobile dengan memori terbatas dan CPU.
h.      Dukungan media
Android support terhadap audio / video berikut / masih format media: WebM, H.263, H.264 (dalam 3GP atau MP4 wadah), MPEG-4 SP, AMR, AMR-WB (dalam kontainer 3GP), AAC, HE-AAC (dalam MP4 atau 3GP kontainer), MP3, MIDI, Ogg Vorbis, FLAC, WAV, JPEG, PNG, GIF, BMP.
i.        Dukungan media streaming
Dukungan media streaming berupa RTP / RTSP streaming (3GPP PSS, Isma), HTML download progresif (HTML5 <video> tag). Adobe Flash Streaming (RTMP) dan Streaming HTTP Dinamis yang didukung oleh Flash plugin. Apple HTTP Live Streaming yang didukung oleh RealPlayer untuk Mobile,  dan didikung oleh sistem operasi di Android 3.0 (Honeycomb).
j.        Tambahan dukungan hardware
Android dapat menggunakan video / kamera, layar sentuh, GPS, akselerometer, giroskop, barometer, magnetometer, kontrol game khusus, sensor jarak dan tekanan, termometer, dipercepat sedikit blits 2D (dengan orientasi perangkat keras, scaling, konversi format piksel) dan grafis 3D dipercepat .
k.      Multi-touch
Android mempunyai dukungan asli untuk multi-sentuh yang pada awalnya  tersedia dalam handset seperti HTC Hero. Fitur ini awalnya dinonaktifkan pada level kernel (mungkin untuk menghindari pelanggaran paten Apple pada teknologi layar sentuh pada saat itu) . Google telah merilis update untuk Nexus One dan Droid Motorola yang memungkinkan multi-touch native.
l.        Bluetooth
Bluetooth di Android mendukung A2DP, AVRCP, mengirim file (OPP), mengakses buku telepon (PBAP), panggilan suara dan mengirim kontak antara telepon. Keyboard, mouse dan joystick (HID) dukungan tersedia di Android 3.1 +, dan di versi sebelumnya melalui kustomisasi produsen dan aplikasi pihak ketiga.
m.   Panggilan video
Walaupun Android tidak dapat mendukung panggilan video asli, akan tetapi beberapa handset mempunyai versi yang disesuaikan dari sistem operasi yang mendukung, baik yang melalui jaringan UMTS (seperti Samsung Galaxy S) atau over IP. Panggilan video melalui Google Talk tersedia di Android 2.3.4 dan Gingerbread Nexus S memungkinkan untuk menempatkan panggilan Internet dengan account SIP. Hal ini memungkinkan untuk meningkatkan VoIP panggilan ke account SIP lain dan bahkan ke nomor telepon. Skype 2.1 menawarkan video calling di Android 2.3 yang termasuk dukungan kamera depan.
n.      Multitasking
Android dapat melakukan beberapa tugas sekaligus atau multitasking.
o.      Fitur suara berbasis
Android sejak awal telah menyediakan pencarian Google melalui suara, tindakan Suara untuk menelepon, SMS, navigasi, dll yang didukung pada Android 2.2 dan seterusnya.
p.      Penarikan
Android mendukung penarikan, yang memungkinkan ponsel untuk digunakan sebagai nirkabel / kabel Wi-Fi hotspot. Sebelum Android 2.2 ini didukung oleh aplikasi pihak ketiga atau kustomisasi produsen.
q.      Screen capture
Android mempunyai dukungan asli untuk menangkap screenshot kemampuan dengan menekan tombol volume daya dan pada saat yang sama pada perangkat Android. Ini dukungan asli muncul dengan rilis Android 4.0 (Es Sandwich Cream) update yang pertama kali terlihat pada smartphone Nexus Galaxy.
Dari berbagai macam fitur di atas dapat disimpulkan apa kegunaan android yaitu sistem operasi Android memungkinkan untuk digunakan pada beberapa perangkat elektronik antara lain :  smartphone, laptop, netbook, komputer tablet, Google TV, jam tangan, headphone, Mobil CD dan pemutar DVD.
C.     APLIKASI-APLIKASI UNTUK PENDIDIKAN
Berikut ini beberapa aplikasi Android yang dapat dimanfaatkan untuk pendidikan, juga bermanfaat bagi peserta didik.
1.      Math Workout
Math Workout merupakan aplikasi gratis dari Android untuk mempraktekkan matematika dasar bagi siswa, seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Kita dapat mengoperasikan 6 aktifitas yang berbeda. Setiap aktifitas terdiri dari serialnya sendiri dengan tantangan yang semakin sulit. Penilaian dalam aktifitas ini didasarkan pada ketepatan dan kecepatan. Kita dapat melihat apakah siswa mengalami kemajuan dari hari ke hari atau tidak, karena Math Workout dapat menyimpan nilai-nilai siswa, sehingga mempermudah dalam evaluasi.
2.      Words, Words, Words, 
Words, Words, Words adalah aplikasi kosa kata gratis. Words, Words, Words dapat digunakan seperti menggunakan flashcard untuk membiasakan diri anda dengan kata-kata, atau dengan model kuis.
3.      UUD 45 RI
UUD 45 RI merupakan aplikasi yang dapat mengetahui isi dari UUD 1945 Republik Indonesia. UUD 1945 ini merupakan hasil dari 4 kali amandemen.
4.      Sejarah Indonesia
Dengan aplikasi Sejarah Indonesia kita dapat mengetahui peristiwa sejarah, tempat-tempat bersejarah serta biografi para pahlawan Indonesia.
5.      Edmodo Android app
Aplikasi ini dapat memberikan akses ke buku angkatan, group, profil dan perpustakaan. Kita dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengirimkan pesan-pesan ke group, dan siswa dapat menggunakan Edmodo Android app untuk membaca pesan-pesan dari guru.
6.      Grace
Grace termasuk aplikasi baru, dirilis pada bulan Maret tahun 2013 oleh Mobispectra Technologies. Kita dapat mengatur semua video pendidikan ke dalam satu tempat melalui aplikasi Grace. Keuntungan menggunakan aplikasi ini adalah kita dapat membuka video-video tersebut di dalam aplikasi dengan cepat. Jika biasanya anda akan diarahkan ke couple luar ketika akan membuka video YouTube, maka tidak begitu halnya dengan Grace. Aplikasi Grace memainkan video melalui aplikasi YouTube anda, tetapi diembed ke dalam aplikasi Grace. Jadi pastikan anda telah menginstal aplikasi tersebut di perangkat Android anda. Hal ini juga memungkinkan anda untuk membuka Wikipedia dalam aplikasi untuk menemukan informasi yang relevan dengan cepat.
Di bawah video adalah bagian untuk membuat catatan, dan jika anda memberikan izin untuk mengakses akun Google Drive, anda dapat menyimpan semua catatan anda sebagai record teks ke Drive anda. Catatan anda akan diberi judul “Name Of The Video Notes” di dalam folder “grace-app”, yang membuatnya sangat mudah ditemukan. Jika anda ingin membuat catatan dengan cara ini, mungkin anda tertarik dengan Kingsoft Office dan Google Drive untuk aplikasi Android. Dengan kedua aplikasi tersebut, akan mudah untuk membuka kembali catatan anda dan mengeditnya.
Aplikasi ini juga memiliki interface yang cantik, dengan menggunakan styling Android modern, yang hampir identik dengan aplikasi YouTube itu sendiri. Ditambah lagi, karena anda dapat menambahkan konten apapun yang anda sukai, maka anda dapat mengikuti semua saluran YouTube reguler, dan anda tidak akan menemukan iklan dalam aplikasi ini.
7.      Mobento
Aplikasi-aplikasi Android ini memungkinkan anda untuk mengunduh video ke perangkat Android untuk melihatnya secara offline. Aplikasi Grace tidak bisa melakukan hal ini. Jika Grace memiliki fitur tersebut, maka kita mungkin tidak membutuhkan Mobento. Namun kedua aplikasi ini layak dimiliki. Anda dapat mengunduh aplikasi Mobento dari Google
Mobento bekerja sedikit berbeda dari Grace. Anda tidak bisa menambahkan konten anda sendiri di sini. Mobento berisi konten dari Khan Academy, TED Talks, Yale dan sumber lainnya. Anda dapat mencari konten yang anda inginkan dengan fitur pencarian yang unik dari aplikasi ini, yang memungkinkan anda untuk melihat seberapa sering sebuah kata diucapkan. Misalnya anda mencari kata “light and energy” bar berwarna merah dan biru akan muncul di samping setiap hasil pencarian. Semakin besar bar biru, maka semakin jarang kata “light” diucapkan, jika bar merah yang lebih besar maka semakin sering kata “energy” diucapkan. Ini adalah cara menarik untuk menemukan konten yang anda inginkan.
Sayangnya UI Mobento lebih buruk dari Grace. Warna dasarnya adalah cokelat, dan stylingnya yang akan mengingatkan anda pada Android 2.3 Gingerbread, yang tampilannya tidak begitu bagus. Untungnya, aplikasi ini bebas dari iklan.
8.      Sparknotes
Sparknotes merupakan sumber daya yang paling mendidik untuk segala jenis literatur, mulai dari Brave New World Aldous Huxley hingga Crito dari Plato. Aplikasi ini tergolong sederhana. Sama dengan Mobento, aplikasi ini juga menggunakan styling Android 2.3 Gingerbread serta disertai iklan yang berjalan di bagian bawah layar. 
Kita semua tentunya mengharapkan agar dapat mmeperoleh pendidikan yang berkualitas dan gratis, akan tetapi hal ini tidak terjadi pada sebagian besar orang di seluruh dunia. Jika kita memiliki perangkat Android dan Wi-Fi, atau koneksi data, aplikasi-aplikasi ini sangat berharga. Kita dapat belajar di mana saja, dan siswa akan merasakan bahwa belajar adalah hal yang menyenangkan.
D.     PENGGUNAAN ANDROID UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN
Saat ini sudah sekian banyak aplikasi-aplikasi Android yang tersedia di Google Play. Aplikasi-aplikasi yang tersedia memiliki masing-masing kegunaannya sehingga membuat Gadget Android menjadi memiliki banyak manfaat atau sering disebut multifungsi. Apalagi jika aplikasi tersebut dapat mendukung kegiatan sehari-hari kita.
Bagi pengguna Android yang masih duduk di bangku sekolah, kalian juga dapat memanfaatkan aplikasi-aplikasi android untuk mendukung kegiatan belajar. Berikut ada 5 aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk belajar materi-materi sekolah.
1. Mathematics Mentor.
Untuk sebagian orang, pelajaran Matematika dianggap menakutkan. Memang tidak dapat dipungkiri juga bahwa pelajaran matematika memanglah susah dan menuntut kita untuk berpikir lebih keras agar dapat mengerjakan soal yang diberikan. Akan tetapi sebenarnya belajar matematika itu menyenangkan jika cara belajar kita menggunakan media atau aplikasi yang tersedia di Android.
Mathematic Mentor merupakan salah satu aplikasi Android yang dapat kita manfaatkan untuk belajar matematika. Didalam aplikasi Mathematic Mentor terdapat penjelasan-penjelasan mengenai ilmu matematika tingkat SMA ataupun yang lebih tinggi. Dengan aplikasi ini kita juga dapat belajar ilmu geometri, aljabar, trigonometri, fungsi bilangan (x) dll. Selain itu aplikasi juga menyediakan fitur untuk latihan soal untuk mengukur hasil belajar anak didik atau siswa.
2. Star Chart
Melalui aplikasi Star chart ini kita dapat belajar tentang benda-benda luar angkasa dengan visualisasi yang sangat menarik. Kita juga dapat belajar mengenali nama bintang dan informasi lainnya yang terkait misalnya koordinat, jarak dengan bumi, keluarga bintang, dll.
3. Speed Anatomy.
Apikasi Speed Anatomy dapat digunakan oleh siswa yang suka dengan pelajaran biologi terutama mengenai anatomi tubuh manusia namanya Speed Anatomy. Aplikasi Speed Anatomy disajikan seperti aplikasi game, kita dapat memilih kategori apa yang akan kita mainkan. Kategori-kategori seperti otot, organ pencernaan, organ pernafasan dan lain-lain. Selain itu dalam memainkan permainan ini utnuk setiap jawaban benar akan mendapatkan poin sesuai waktu yang kita gunakan, lebih cepat kita menjawab maka poin yang kita dapat akan semakin tinggi. Sehingga kita belajar seperti sedang bermain game, lebih mengasyikan dan tidak bosan.
4. Science Challenge
Aplikasi Science Challenge merupakan aplikasi yang berisi soal-soal Sains yang dapat dikerjakan oleh siswa. Di aplikasi ini siswa dapat memilih ilmu sains dari Fisika, Kimia, Geografi, Antariksa, Biologi dan beberapa ilmu sains lainnya. Dari setiap pilihan ilmu sains tersebut siswa akan ditugaskan untuk menjawab soal dengan model pilihan ganda.
Pada aplikasi Science Challenge ini siswa juga dapat mengerjakan soal campuran yang berisi semua ilmu sains, jadi siswa tidak terpaku pada salah satu ilmu sains saja. Selain ilmu sains, melalui aplikasi ini siswa juga dapat belajar bahasa Inggris karena aplikasi ini ditampilkan dalam Bahasa Inggris, sehingaa secara bersamaan kita dapat mempelajari bahasa inggris juga agar dapat menyelesaikan soal dengan baik.
Terdapat juga fitur-fitur Android yang digunakan untuk belajar kimia:
1.      ChemMobile
ChemMobile adalah sebuah aplikasi pembelajaran kimia gratis berbasis Android yang dapat membantu siswamemahami materi kimia dengan mudah dan menyenangkan. Aplikasi ini dilengkapi dengan data berupa rumus kimia, nilai tetapan/konstanta terkait perhitungan kimia, lambang dan informasi unsur kimia. Dengan aplikasi kimia chemMobile ini siswa dapat mengetahui dan mempelajari berbagai materi kimia diantaranya sebagai berikut:
a.      Mengenal berbagai jenis unsur (Materi Sistem Periodik Unsur)
b.      Tata nama dan Persamaan reaksi kimia
c.       Perhitungan kimia (Stoikiometri)
d.      Kesetimbangan kimia
e.      Hukum dasar kimia
f.        Kelarutan dan Hasil kali kelarutan (Ksp), dll
Dengan aplikasi tersebut siswa dapat memperoleh kemudahan-kemudahan diantaranya :
Informasi sistem periodik unsur
Pada aplikasi kimia chemMobile siswa dapat mengetahui berbagai informasi singkat tentang unsur, diantaranya nama unsur kimia, lambang unsur kimia, nomor atom, massa atom, dan kelompok unsur kimia. Navigasi: Buka ChemMobile > Reference > Periodic > Periodic Info > Select by atau pilih berdasarkan nama, nomor, maupun lambang unsur.
Jika siswa menginginkan informasi mendalam tentang unsur kimia terkait, siswa dapat lakukan dengan memilih get info yang terhubung langsung ke situs referensi dunia wikipedia. Kita juga dapat melihat dalam bentuk tabel sistem periodik unsur untuk mengetahui golongan dan periode unsur dengan cara: Buka ChemMobile > Reference > Periodic > Periodic Tabel > Pilih unsur kimia yang ingin diketahui.
Penyetaraan Reaksi Kimia
Untuk menyetarakan suatu reaksi, gunakan navigasi berikut: Navigasi: Buka Aplikasi ChemMobile > Tools > Balance > Input zat-zat pereaksi pada kolom Reactants > Input zat-zat hasil reaksi pada kolom Products > Klik Balance > (Reaksi Setara). Sedangkan untuk persamaan reaksi kimia yang melibatkan banyak pereaksi dan hasil reaksi kimia seperti pada materi kimia menyetarakan reaksi redoks, aplikasi ChemMobile sangat membantu karena hasil yang ditampilkan akurat sesuai dengan perhitungan. Tapi jika kita mengerjakan soal kimia harus mempunyai prosedur untuk mendapatkan hasil. Jadikan aplikasi kimia ChemMobile sebagai pembanding saja.
Menghitung massa, mol, dan volume (STP) zat berdasarkan persamaan reaksi kimia. Kita dapat menghitung massa, mol, maupun volume zat berdasarkan persamaan reaksi kimia yang sudah kita buat (sebelumnya harus disetarakan terlebih dahulu) dengan memilih Stoichiometry, pilih satuan yang diinginkan dan input jumlahnya seperti gambar di bawah ini.
Memahami perhitungan hukum dasar kimia
Dalam aplikasi kimia ChemMobile  terdapat berbagai rumus terkait hukum dasar kimia seperti hukum Boyle, Hukum Gay-Lussac (Hukum perbandingan volume), persamaan gas ideal, dsb. Navigasi: Buka Aplikasi ChemMobile > Tools > Gas Laws > Pilih rumus kimia lalu inputnya nilainya pada kolom yang tersedia.
Menghitung massa molar zat
Massa molar zat adalah massa 1 mol suatu zat yang sama dengan Ar atau Mr zat itu yang dinyatakan dalam gram/mol. Navigasi: Buka Aplikasi ChemMobile > Tools > Molar Mass > Input zat atau senyawa yang ingin diketahui massa molarnya > Calculate (hasil)
Kita juga dapat mengkonversi massa molar zat ini ke dalam satuan gram maupun mol dengan cara memilih convert. Jika ingin mengetahui zat dalam satuan gram inputkan jumlah mol zat tersebut, begitu juga sebaliknya.
Contoh: massa molar O2 adalah 31,998 g/mol (32 g/mol). Hitung massa O2 jika diketahui 2 mol O2. 
Rumus yang digunakan adalah: 
gram O2 = mol O2 x massa molar O2
gram = 2 mol x 32 g/mol = 64 g O2
Untuk menyelesaikan soal di atas, pilih molar Mass > input O2 > Calculate > Convert > mole to Mass > Hasil (samakan dengan hasil hitungan Anda dibuku). Bagian Other pada gambar di atas berfungsi untuk mengetahui fraksi massa dan mol, serta rumus empiris suatu senyawa kimia.
Mengetahui kelompok unsur logam maupun non logam 
Sistem periodik unsur terdiri dari berbagai jenis unsur logam, semi logam, dan non logam. Di sini Anda dapat mengetahui klasifikasi unsur-unsur kimia tersebut. Navigasi: Buka ChemMobile > Reference > Charts > Activity Series.
Mengetahui berbagai rumus kimia yang terkait dengan perhitungan kimia seperti persamaan gas, termokimia, elektrokimia, kesetimbangan kimia, dll
Navigasi: Buka ChemMobile > Reference > Charts > Formulas
Mengetahui berbagai jenis ion poliatomik lengkap dengan namanya seperti CN- untuk sianida, AlO2- untuk alumina, CO32- untuk karbonat, dll
Navigasi: Buka ChemMobile > Reference > Charts > Poliatomic Ions
Mengetahui berbagai jenis kation dan anion yang mudah larut dan sukar larut
Navigasi: Buka ChemMobile > Reference > Charts > Solubilit
2. Periodic Table (priodic droid)
Aplikasi di atas merupakan salah satu contoh aplikasi bagi pengguna android yang berkonsentrasi pada mata pelajaran Kimia. Bagi pengguna yang concern di bidang kimia tentu sangat familiar dengan istilah tabel periodik berikut aplikasi serta implementasinya. Oleh karena itu salah satu fitur utama aplikasi ini adalah tabel tersebut. Selain fitur tersebut aplikasi ini juga menyediakan informasi penting dari setiap unsur seperti Blok, grup, periode ataupun kandungan elektron.
Selain itu aplikasi ini juga menyediakan video tutorial untuk beberapa objek. Sehingga dapat dijadikan alternatif untuk kita jika bosan dengan belajar melalui membaca. Untuk mengetahui hasil belajar juga disediakan fitur Quiz yang berisis pertanyaan-pertanyaan sesuai permasalahan yang telah kita pelajari.
Aplikasi Periodic table ini dapat membantu kita belajar tabel-tabel periodik. Dibuat semacam tutorial, Setiap unsur yang ada akan diberikan keterangan penting seperti kandunga elektron, titik didih, struktur dan keterangan yang diambil dari wikipedia. Selain kita dapat mengetahui hasil belajar dengan fitur Quiz. Untuk bab dan kategori pertanyaannya dapat kita diatur, sehingga kita dapat memilih apa yang mau diujikan.
3. Formulae
Formulae merupakan aplikasi yang berisi tentang rumus kimia dan matematika, termasuk gugus fungsional, nama reaksi (termasuk mekanisme reaksi) , dll. Beberapa fitur yang tersedia menyediakan rumus-rumus serta beberapa hal lain tentang berbagai nama rekasi kimia dan mekanismenya. Untuk menghafalnya kita hanya perlu menyentuh layar kita dan kita sudah dapat memperoleh informasi rumus dan lain-lain. Berikut detail yang tersedia pada Formulae versi Gratisan-nya.
· Functional group (gugus fungsi)
· Kinetics (kinetika)
· Themodinamycs (termodinamika)
· Electrochemistry (elektrokimia)
· Quantum mechanics (mekanika kuantum)
· Spectrocopy (spektrokopi)
· Named Reactions (Nama-nama reaksi kimia)
· Crystal Structures (struktur kristal)
Aplikasi ini dapat digunakan oleh siswa SMA hingga mahasiswa yang sedang belajar tentang kimia organik, kimia fisika, kimia anorganik, dan kimia kuantum.
4. Chemistry Helper
Chemistry Helper adalah sebuah aplikasi sederhana yang dirancang sebagai referensi cepat untuk siswa yang belajar kimia. Termasuk tabel periodik dengan link ke wikipedia, alat untuk menghitung massa molekul senyawa (dengan tombol di bagian atas untuk melakukan perhitungan sederhana gram/mol, menghitung persen massa, dan stoikiometri dengan senyawa itu), tabel ion poliatomik, konstanta, aturan kelarutan, alat untuk menghitung molaritas dan volume larutan, alat untuk mengkonversi antar unit yang biasa digunakan dalam kimia,  pencarian senyawa yang link ke mesin pencari kimia utama (dan wikipedia, tentu saja), tabel potensial reduksi, gugus fungsi kimia organik,tabel spektroskopi IR, NMR, dan C13, H1, NMR dan tabel ligan umum.
Android merupakan salah satu handphone pintar yang membantu kita dalam belajar. Aplikasi dari fitur-fitur android di atas dapat kita gunakan untuk membantu kita memecahkan masalah dalam belajar kimia

E. CARA MEMAKSIMALKAN ANDROID UNTUK PEMBELAJARAN.
Android sangat menunjang pembelajaran dengan berbagai fitur yang telah disediakan. Semua fitur-fitur yang tersedia sangat bermanfaat untuk membantu siswa memahami materi pembelajaran, sehingga guru tidak perlu menjelaskan secara berulang-ulang siswa dapat lebih mudah memahami materi pembelajaran melalui media. Selain itu siswa cenderung lebih suka belajar dengan media dibanding hanya dengan mendengarkan penjelasan dari guru, siswa akan lebih sulit dalam memahami apa yang disampaikan.
Guru harus dapat memilih jenis media atau fitur-fitur yang akan digunakan dalam pembelajaran agar proses belajar mengajar dapat maksimal. Untuk dapat maksimal dalam menggunakan Android sebagai media pembelajaran kita harus mengetahui terlebih dahulu beberapa hal yaitu :
a.      Aplikasi apa yang akan digunakan
Tanpa mengetahui aplikasi apa yang akan kita gunakan kita tidak akan maksimal dalam penggunaannya. Oleh karena itu sebelumnya kita harus mengetahui aplikasi apa yang akan digunakan, apakah sesuai dengan materi yang kan disampaikan atau tidak sehingga penggunaan aplikasi dapat maksimal.
b.      Kegunaan dari aplikasi yang digunakan
Kita jelas harus mengetahui apa kegunaan aplikasi yang kita gunakan sehingga kita dapat menggunakannya dengan maksimal. Jika kita tidak mengetahui kegunaan dari aplikasi yang akan kita gunakan kita hanya akan menemui kebingungan dan berakibat rancu dalam pembelajaran. Tujuan yang seharusnya dapat dicapai dengan mudah tetapi karena kita tidak mengetahui kegunaan aplikasi yang kita gunakan akhirnya tujuan tidak tercapai dan hanya membuang waktu sia-sia.
c.       Cara mengoperasikan aplikasi yang akan digunakan
Jika kita akan menggunakan suatu media hal yang paling penting yaitu mengetahui bagaimana cara mengoperasikan media yang akan digunakan. Dapat kita bayangkan jika kita tidak mengetahui bagaimana cara mengoperasikan sebuah media yang akan digunakan dalam pembelajaran, mungkin bisa saja guru akan ditertawakan oleh muridnya. Sebuah materi pelajaran yang seharusnya dapat lebih mudah dipahami jika disampaikan melalui media akan sangat sulit dipahami siswa jikalau sang guru tidak menguasai cara bagaimana menggunakan media atau aplikasi yang digunakan. Oleh karena itu kita harus mengetahui cara menggunakan aplikasi yang akan digunakan sehingga penggunaan media dapat efisien dan efektif.
d.      Kelebihan dan kekurangan aplikasi yang digunakan
Kelebihan dan kekurangan aplikasi yang digunakan wajib diketahui bagi orang yang akan menggunakan aplikasi untuk oembelajaran agar pembelajaran efektif dan dapat mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan dari aplikasi yang digunakan.
e.      Mudah atau tidaknya aplikasi yang akan digunakan
Media pembelajaran yang baik yaitu media yang dapat dengan mudah dioperasikan sehingga guru tidak merasa kebingungan dan tidak membuang waktu banyak. Karena tidak dapat dipungkiri banyak aplikasi atau media pembelajaran yang sulit dioperasikan sehingga guru merasa ribet. Hal itu akan mengganggu pembelajaran dan tujuan pembelajaran tidak dapat dicapai dengan mudah. Oleh karena itu seorang guru harus mengetahui apakah aplikasi yang akan digunakan mudah dioperasikan atau tidak.
f.        Efektif dan efisien atau tidaknya aplikasi yang digunakan
Guru seharusnya dapat memilih media yang akan membuat pembelajaran efektif dan efisien. Jika pembelajaran efektif dan efisien maka tujuan pembelajaran akan mudah tercapai dan siswa dapat lebih cepat memahami materi yang disampaikan. Jadi sebelum guru menggunakan aplikasi untuk pembelajaran harus mengetahui terlebih dahulu apakah efektif dan efisien media atau aplikasi yang digunakan.
Keenam hal di ataslah yang seharusnya diketahui oleh guru atau pengajar yang hendak menggunakan aplikasi android sebagai media pembelajaran, sehingga penggunaan aplikasi android sebagai media pembelajaran dapat maksimal dan tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan cepat sesuai yang diinginkan.

F.CARA MENGATASI DAMPAK NEGATIF DARI PENGGUNAAN ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN
Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap media tidak ada yang sempurna, walaupun kita sadar dengan adanya sebuah media pembelajaran dapat menunjang proses pembelajaran menjadi efektif dan efisien. Sebuah media pembelajaran pasti mendatangkan dua dampak yaitu dampak positif dan dampak negatif. Dampak positif yaitu dengan adanya media pembelajaran guru terbantu dalam pengajarannya, karena melalui sebuah media pembelajaran siswa dapat lebih mudah memahami materi yang disampaikan, sehingga guru tidak perlu mengulang berkali-kali. Dampak negatifnya salah satunya yaitu guru atau pengajar menjadi kurang kreatif, karena sudah disediakan media pembelajaran yang dapat membantu proses pembelajaran.
Yang harus kita pikirkan saat ini adalah bagaimana kita mengatasi dampak negatif dari sebuah media pembelajaran yang digunakan agar tidak mengganggu atau menghambat proses pembelajaran. Dan yang akan dibahas di sini yaitu mengenai bagaimana cara mengatasi dampak negatif dari penggunaan Android sebagai media pembelajaran. Untuk mengatasi dampak negatif guru atau pengajar dapat mengawasi anak-anak dalam menggunakan aplikasi, karena jika tidak diawasi anak-anak dapat membuka aplikasi-aplikasi yang tidak baik dan dapat mengganggu pembelajaran. Selain itu guru atau pengajar juga harus tetap mengkombinasikan cara mengajar, tidak selalu menggunakan media atau aplikasi sehingga guru tetap kreatif dan siswa tidak mengalami ketergantungan.

                                                  III. PENUTUP

A. KESIMPULAN
Android merupakan sistem operasi berbasis Linux, yang termasuk ke dalam sistem operasi open source yang dirancang untuk perangkat seluler layar sentuh misalnya telepon pintar dan tablet. Kegunaan Android dapat dilihat dari fitur-fitur yang tersedia seperti  Handset layout, penyimpanan, konektivitas, web browser, pesan, beberapa dukungan bahasa, dukungan Java, dukungan media, Dukungan media streaming, Tambahan dukungan hardware, Multi-touch, Bluetooth, Panggilan video, Multitasking, Fitur suara berbasis, Penarikan, dan Screen capture.
Android juga dapat digunakan sebagai media pembelajaran karena menyediakan banyak aplikasi-aplikasi yang mendukung pembeljaran diantaranya yaitu Math Workout, Words,Words,Words, UUD 45 RI, Sejarah Indonesia, Grace, Edmodo Android app, Mobento, Sparknotes. Selain itu terdapat juga aplikasi-aplikasi tambahan untuk menunjang pembelajaran kimia seperti Chem Mobile, Periodic Table, Formulae dan Chemistry Helper. Terdapat juga aplikasi Mathematic Mentor untuk pembelajaran matematika, Speed Anatomy untuk pembelajar mengenai anatomi tubuh,  Start Chart untuk mempelajari benda-benda luar angkasa, dan Science Challenge untuk pembelajaran sains.
Untuk dapat menggunakan aplikasi Android sebagai media pembelajaran guru harus mengetahui sedikitnya 6 hal agar penggunaan Android sebagai media pembelajaran dapat maksimal dan benar-benar dapat menunjang proses pembelajaran. Selain itu guru juga harus mampu mengatasi dampak negatif dari penggunaan Android sebagai media pembelajaran misalnya denganmengawasi sang murid dalam menggunakan aplikasi yang ada di Android agar tujuan tidak melenceng ke arah yang tidak diinginkan. Dengan begitu tujuan pembelajaran dapat tercapai dan proses pembelajaran tidak akan terganggu. Seorang guru juga seharusnya melakukan kombinasi dalam model mengajarnya sehingga tetap kreatif.

B. SARAN
Penulis akan memberikan beberapa saran kepada pembaca melalui makalah ini.
1)     Kita harus dapat memanfaatkan perkembangan tekonologi untuk memajukan pendidikan negara kita.
2)     Kita harus pandai-pandai memilih media pembelajaran yang akan digunakan yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.
3)     Kita juga seharusnya dapat menciptakan atau membuat media pembelajaran sendiri tidak hanya sebagai konsumen.
4)     Guru seharusnya dapat memaksimalkan penggunaan Android sebagai media pembelajaran.
5)     Sebagai calaon guru atau pengajar kita harus mempelajari teknologi informasi dan komunikasi agar kita tidak ketinggalan dengan perkembangannya yang sangat pesat.

                                                  DAFTAR PUSTAKA

Tony. 2012. 5 Aplikasi Android buat Belajar Pelajaran Sekolah.  http://www.aplikanologi.com/edukasi/5-aplikasi-android-buat-belajar-pelajaran sekolah/. Diunduh tanggal 16 September 2013.
http://id.wikipedia.org/wiki/Android_(sistem_operasi). Diunduh tanggal 16 September 2013.
http://guraru.org/guru-berbagi/aneka_aplikasi_android_untuk_pendidikan/ . Diunduh tanggal 16 September 2013.
http://kikiozil.wordpress.com/2012/01/23/apakah-kegunaan-android/. Diunduh tanggal 16 September 2013.
http://fajansf.wordpress.com/2013/03/30/berbagai-fitur-android-untuk-belajar-kimia/. Diunduh tanggal 16 September 2013.
http://www.noorjihan.com/daftar-dan-kumpulan-aplikasi-aplikasi-android-untuk-pendidikan/.Diunduh tanggal 16 September 2013.

File ppt dapat diunduh di sini


7 komentar:

  1. assalamualaikum.
    saya tertatik dengan judul makalah anda, dan saat ini saya ingin melakukan penelitian tersebut.
    saya ingin bertanya bagaimana cara membuat media tersebut? menggunakan macromedia flash kah?

    BalasHapus
  2. Nice banget infonya semoga sukses selalu
    jangan lupa mampir
    Software Bimbel

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © / My Story

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger