MAKALAH
PENGGUNAAN ANDROID UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN
Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Oleh :
Laelatul Tohiroh (Teknologi Pendidikan_1102412015)
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Tuhan yang maha Esa atas limpahan rahmatnya
yang telah mengkaruniakan kesehatan kepada penulis, sehingga penulis dapat
menyelesaikan makalah Penggunaan Android untuk Media Pembelajaran. Tak lupa
pula penulis mengucapkan terimakasih kepada dosen pengampu mata kuliah
Teknologi Informasi dan Komunikasi yang telah mengarahkan penulis dalam
penyusunan makalah ini.
Makalah Penggunaan Android untuk Media Pembelajaran disusun untuk
memenuhi tugas pada mata kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi. Makalah ini
diharapkan dapat membantu memberi pemahaman kepada pembaca mengenai penggunaan
android khususnya untuk media pembelajaran bagi siswa.
Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan makalah ini, penulis
belum dapat maksimal dan masih ada kekurangan di sana-sini. Oleh karena itu
penulis sangat mengharapkan kritik dan saran untuk menyempurnakan makalah yang
telah penulis susun. Dan semoga makalah Penggunaan Andorid untuk Media
Pembelajaran dapat bermanfaat bagi semua pembaca. Aamiin.
Penulis
Laelatul Tohiroh
I. PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG MASALAH
Seiring dengan perkembangan zaman pada abad 20 ini, perkembangan
di bidang teknologi informasi dan komunikasi semakin pesat. Perkembangan teknologi
informasi berlangsung sangat cepat dan dinamis. Hampir setiap hari selalu
berkembang dan menghasilkan produk-produk baru yang semakin canggih.
Produk-produk hasil perkembangan teknologi informasi dan komunikasi selalu
menjadi barang buruan konsumen yang hendak menikmati kecanggihan-kecanggihan
dari produk terbaru.
Indonesia merupakan negara dengan konsumen produk-produk hasil
perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terbanyak. Setiap ada
produk-produk terbaru, sebagian orang Indonesia rela mengeluarkan sejumlah
uangnya untuk membeli produk-produk tersebut. Entah apa yang menjadi alasan
mereka membeli produk-produk terbaru. Sebagian memang dapat memanfaatkan produk
tersebut dengan baik. Namun tidak dapat dipungkiri juga bahwa banyak konsumen
dari Indonesia yang hanya membeli untuk bergaya di depan teman-temannya tanpa
memanfaatkan kecanggihan dari produk yang ia beli. Sehingga yang seperti itu
terkesan dimanfaatkan oleh perkembangan teknologi bukan memanfaatkan
perkembangan teknologi.
Fenomena di atas harus dapat dihindari oleh para konsumen
khususnya konsumen dari Indonesia. Kita harus mampu memanfaatkan setiap hasil
dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi untuk kemajuan negara kita
khususnya di bidang pendidikan dan bidang ekonomi. Hal tersebut tidaklah sulit
jikalau kita dapat memahami manfaat atau kegunaan dari suatu produk sehingga
kita dapat menggunakan dengan maksimal dan kita juga harus memahami apa
kelebihan dan kekurangan suatu produk.
Pendidikan sebuah negara sangat menentukan kemajuan negara
tersebut. Semakin maju pendidikan di suatu negara maka semakin majulah negara
tersebut, demikian sebaliknya. Dari pernyataan tersebut dapat dipahami jika
kita hendak memajukan negara kita maka langkah yang harus ditempuh adalah
memajukan pendidikan kita terlebih dahulu. Tentunya untuk memajukan pendidikan
kita memerlukan kerjasama dari berbagai pihak khususnya guru dan siswa.
Seorang guru yang handal sudah seharusnya dapat memilih jenis
media pembelajaran yang dapat menunjang proses belajar mengajar siswa. Saat ini
dengan berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi banyak sekali yang
dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Salah satunya yaitu melalui Android
yang saat ini sedang berkembang sangat pesat. Dari hal itulah penulis menyusun
makalah Penggunaan Android untuk Media Pembelajaran sebagai jawaban dari
masalah di atas.
B. RUMUSAN MASALAH
1) Apa definisi dan sejarah Android?
2) Apakah kegunaan dari Android?
3) Apa saja aplikasi yang dapat digunakan dalam
pendidikan?
4) Bagaimana penggunaan android untuk media
pembelajaran?
5) Bagaimana cara memaksimalkan penggunaan android
untuk media pembelajaran?
6) Bagaimana cara mengatasi dampak negatif dari
penggunaan Android untuk media pembelajaran?
C. TUJUAN PENULISAN
1) Mengetahui definisi dan sejarah dari Android.
2) Mengetahui kegunaan dari Android.
3) Mengetahui aplikasi-aplikasi yang dapat digunakan
dalam pendidikan.
4) Mengetahui cara penggunaan Android untuk media
pembelajaran.
5) Mampu memaksimalkan penggunaan Android untuk
media pembelajaran.
6) Mampu mengatasi dampak negatif dari penggunaan
Android untuk media pembelajaran
II. PEMBAHASAN
A. DEFINISI DAN SEJARAH ANDROID
Android merupakan sistem operasi berbasis Linux, yang termasuk ke
dalam sistem operasi open source yang dirancang untuk perangkat seluler layar
sentuh misalnya telepon pintar dan tablet. Yang dimaksud dengan open sistem
operasi open source yaitu sebuah sistem operasi dengan sumber terbuka yang
memungkinkan para user untuk mengembangkannya secara terbuka. Hal itu
memberikan kesempatan yang besar bagi para pengembang aplikasi dan para pembuat
aplikasi-aplikasi.
Pada awalnya Android dikembangkan oleh Android Inc. Dibantu
dukungan dari Google. Pada tahun 2005 Google akhirnya membeli android. Pada
tahun 2007 sistem operasi Android dirilis secara resmi, saat itu bersamaan
dengan didirikannya Open Handset Alliance yang merupakan konsorsium dari
perusahaan-perusahaan perangkat keras, perangkat lunak, dan telekomunikasi
dengan tujuan memajukan standar terbuka perangkat seluler. Dan pada tahun 2008
ponsel Android untuk pertama kalinya dijual tepatnya pada bulan Oktober.
Sistem operasi Android mempunyai banyak komunitas pengembang
aplikasi yang mengembangkan fungsionalitas perangkat, umumnya ditulis dalam
versi kustomisasi bahasa pemrograman Java. Perkembangan android sangat pesat
terbukti pada bulan Oktober 2012 terdapat sekitar 700.000 aplikasi yang telah
disediakan untuk Android. Selain itu terdapat sekitar 25 juta aplikasi yang
telah diunduh dari Google Play yang merupakan toko utama Android. Survey juga
menemukan bahwa Android merupakan platform terpopuler bagi para pengembang dan
digunakan oleh 71% pengembang aplikasi seluler pada bulan April-Mei 2013.
Hal-hal di ataslah yang memberikan kontribusi bagi perkembangan
Android, sehingga Android menjadi sistem operasi telepon pintar yang paling
banyak digunakan di dunia dan pada tahun 2010 dapat mengalahkan Symbian. Selain
itu Android juga menjadi rebutan perusahaan-perusahaan teknologi yang
menginginkan sistem operasi berbiaya rendah dan sangat ringan untuk perangkat
berteknologi tinggi tanpa harus mengembangkannya dari awal.
Android yang pada awalnya merupakan sistem operasi yang dirancang
khusus untuk telepon pintar dan tablet, dikembangkan jugga menjadi aplikasi
tambahan pada televisi, konsol permainan, kamera digital, dan perangkat
elektronik lainnya. Android yang bersifat terbuka telah mendorong munculnya
sejumlah besar komunitas pengembang aplikasi untuk menggunakan kode sumber
terbuka sebagai dasar proyek pembuatan aplikasi, dengan menambahkan fitur-fitur
baru bagi pengguna tingkat lanjut atau mengoperasikan Android pada perangkat
yang secara resmi dirilis dengan menggunakan sistem operasi lain.
Android dapat menguasai pangsa pasar global, dipimpin oleh
produk-produk dari Samsung, dengan persentase 64% pada bulan Maret 2013.
Pada bulan Juli 2013, terdapat 11.868 perangkat Android dengan beragam versi.
Keberhasilan Android juga menjadikan Android sebagai target ligitasi paten
"perang telepon pintar" diantara perusahaan-perusahaan teknologi.
Sampai bulan Mei 2013, ada 900 juta perangkat Android yang telah diaktifkan di
seluruh dunia, dan sekitar 48 miliar aplikasi telah dipasang dari Google
Play.
B. KEGUNAAN ANDROID
Jika kita membicarakan apa kegunaan Android terdapat fitur-fitur
yang ada pada Android diantaranya yaitu :
a. Handset layout
Platform ini dapat beradaptasi dengan yang lebih besar, VGA, 2D
grafis perpustakaan, perpustakaan grafis 3D berdasarkan spesifikasi OpenGL ES
2.0, dan tata letak smartphone tradisional.
b. Penyimpanan
SQLite, database relasional ringan, yang dapat digunakan untuk
menyimpan data.
c. Konektivitas
Android support dengan teknologi konektivitas termasuk GSM / EDGE,
IDEN, CDMA, EV-DO, UMTS, Bluetooth, Wi-Fi, LTE, dan WiMAX NFC.
d. Pesan
SMS dan MMS tersedia dalam bentuk pesan, termasuk pesan teks
berulir dan sekarang Cloud Android Untuk Perangkat Pesan (C2DM) juga merupakan
bagian dari Android Dorong Layanan Olahpesan.
e. Beberapa dukungan bahasa
Android dapat support dengan beberapa bahasa, sehingga lebih
fleksibel.
f. Web browser
Browser web yang disediakan oleh Android berdasarkan pada mesin
open source WebKit tata letak yang ditambah dengan mesin JavaScript Chrome V8.
g. Dukungan Java
Kebanyakan aplikasi Android ditulis di Java, di platform tidak ada
Java Virtual Machine dan kode Java byte tidak dapat dieksekusi. Kelas Java
dikompilasi ke dalam executable Dalvik dan berjalan di Dalvik, mesin virtual
khusus yang dirancang khusus untuk Android dan dioptimalkan untuk baterai
bertenaga perangkat mobile dengan memori terbatas dan CPU.
h. Dukungan media
Android support terhadap audio / video berikut / masih format
media: WebM, H.263, H.264 (dalam 3GP atau MP4 wadah), MPEG-4 SP, AMR, AMR-WB
(dalam kontainer 3GP), AAC, HE-AAC (dalam MP4 atau 3GP kontainer), MP3, MIDI,
Ogg Vorbis, FLAC, WAV, JPEG, PNG, GIF, BMP.
i. Dukungan media streaming
Dukungan media streaming berupa RTP / RTSP streaming (3GPP PSS,
Isma), HTML download progresif (HTML5 <video> tag). Adobe Flash Streaming
(RTMP) dan Streaming HTTP Dinamis yang didukung oleh Flash plugin. Apple HTTP
Live Streaming yang didukung oleh RealPlayer untuk Mobile, dan didikung
oleh sistem operasi di Android 3.0 (Honeycomb).
j. Tambahan dukungan hardware
Android dapat menggunakan video / kamera, layar sentuh, GPS,
akselerometer, giroskop, barometer, magnetometer, kontrol game khusus, sensor
jarak dan tekanan, termometer, dipercepat sedikit blits 2D (dengan orientasi
perangkat keras, scaling, konversi format piksel) dan grafis 3D dipercepat .
k. Multi-touch
Android mempunyai dukungan asli untuk multi-sentuh yang pada
awalnya tersedia dalam handset seperti HTC Hero. Fitur ini awalnya
dinonaktifkan pada level kernel (mungkin untuk menghindari pelanggaran paten
Apple pada teknologi layar sentuh pada saat itu) . Google telah merilis update
untuk Nexus One dan Droid Motorola yang memungkinkan multi-touch native.
l. Bluetooth
Bluetooth di Android mendukung A2DP, AVRCP, mengirim file (OPP),
mengakses buku telepon (PBAP), panggilan suara dan mengirim kontak antara
telepon. Keyboard, mouse dan joystick (HID) dukungan tersedia di Android 3.1 +,
dan di versi sebelumnya melalui kustomisasi produsen dan aplikasi pihak ketiga.
m. Panggilan video
Walaupun Android tidak dapat mendukung panggilan video asli, akan
tetapi beberapa handset mempunyai versi yang disesuaikan dari sistem operasi
yang mendukung, baik yang melalui jaringan UMTS (seperti Samsung Galaxy S) atau
over IP. Panggilan video melalui Google Talk tersedia di Android 2.3.4 dan
Gingerbread Nexus S memungkinkan untuk menempatkan panggilan Internet dengan
account SIP. Hal ini memungkinkan untuk meningkatkan VoIP panggilan ke account
SIP lain dan bahkan ke nomor telepon. Skype 2.1 menawarkan video calling di
Android 2.3 yang termasuk dukungan kamera depan.
n. Multitasking
Android dapat melakukan beberapa tugas sekaligus atau
multitasking.
o. Fitur suara berbasis
Android sejak awal telah menyediakan pencarian Google melalui
suara, tindakan Suara untuk menelepon, SMS, navigasi, dll yang didukung pada
Android 2.2 dan seterusnya.
p. Penarikan
Android mendukung penarikan, yang memungkinkan ponsel untuk
digunakan sebagai nirkabel / kabel Wi-Fi hotspot. Sebelum Android 2.2 ini
didukung oleh aplikasi pihak ketiga atau kustomisasi produsen.
q. Screen capture
Android mempunyai dukungan asli untuk menangkap screenshot
kemampuan dengan menekan tombol volume daya dan pada saat yang sama pada
perangkat Android. Ini dukungan asli muncul dengan rilis Android 4.0 (Es
Sandwich Cream) update yang pertama kali terlihat pada smartphone Nexus Galaxy.
Dari berbagai macam fitur di atas dapat disimpulkan apa kegunaan
android yaitu sistem operasi Android memungkinkan untuk digunakan pada beberapa
perangkat elektronik antara lain : smartphone, laptop, netbook, komputer
tablet, Google TV, jam tangan, headphone, Mobil CD dan pemutar DVD.
C. APLIKASI-APLIKASI UNTUK PENDIDIKAN
Berikut ini beberapa aplikasi Android yang dapat dimanfaatkan
untuk pendidikan, juga bermanfaat bagi peserta didik.
1. Math Workout
Math Workout merupakan aplikasi gratis dari Android untuk
mempraktekkan matematika dasar bagi siswa, seperti penjumlahan, pengurangan,
perkalian dan pembagian. Kita dapat mengoperasikan 6 aktifitas yang berbeda.
Setiap aktifitas terdiri dari serialnya sendiri dengan tantangan yang semakin
sulit. Penilaian dalam aktifitas ini didasarkan pada ketepatan dan kecepatan.
Kita dapat melihat apakah siswa mengalami kemajuan dari hari ke hari atau
tidak, karena Math Workout dapat menyimpan nilai-nilai siswa, sehingga
mempermudah dalam evaluasi.
2. Words, Words, Words,
Words, Words, Words adalah aplikasi kosa kata gratis. Words,
Words, Words dapat digunakan seperti menggunakan flashcard untuk membiasakan
diri anda dengan kata-kata, atau dengan model kuis.
3. UUD 45 RI
UUD 45 RI merupakan aplikasi yang dapat mengetahui isi dari UUD
1945 Republik Indonesia. UUD 1945 ini merupakan hasil dari 4 kali amandemen.
4. Sejarah Indonesia
Dengan aplikasi Sejarah Indonesia kita dapat mengetahui peristiwa
sejarah, tempat-tempat bersejarah serta biografi para pahlawan Indonesia.
5. Edmodo Android app
Aplikasi ini dapat memberikan akses ke buku angkatan, group,
profil dan perpustakaan. Kita dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengirimkan
pesan-pesan ke group, dan siswa dapat menggunakan Edmodo Android app untuk
membaca pesan-pesan dari guru.
6. Grace
Grace termasuk aplikasi baru, dirilis pada bulan Maret tahun 2013
oleh Mobispectra Technologies. Kita dapat mengatur semua video pendidikan ke
dalam satu tempat melalui aplikasi Grace. Keuntungan menggunakan aplikasi ini
adalah kita dapat membuka video-video tersebut di dalam aplikasi dengan cepat.
Jika biasanya anda akan diarahkan ke couple luar ketika akan membuka video
YouTube, maka tidak begitu halnya dengan Grace. Aplikasi Grace memainkan video
melalui aplikasi YouTube anda, tetapi diembed ke dalam aplikasi Grace. Jadi
pastikan anda telah menginstal aplikasi tersebut di perangkat Android anda. Hal
ini juga memungkinkan anda untuk membuka Wikipedia dalam aplikasi untuk
menemukan informasi yang relevan dengan cepat.
Di bawah video adalah bagian untuk membuat catatan, dan jika anda
memberikan izin untuk mengakses akun Google Drive, anda dapat menyimpan semua
catatan anda sebagai record teks ke Drive anda. Catatan anda akan diberi judul
“Name Of The Video Notes” di dalam folder “grace-app”, yang membuatnya sangat
mudah ditemukan. Jika anda ingin membuat catatan dengan cara ini, mungkin anda
tertarik dengan Kingsoft Office dan Google Drive untuk aplikasi Android. Dengan
kedua aplikasi tersebut, akan mudah untuk membuka kembali catatan anda dan
mengeditnya.
Aplikasi ini juga memiliki interface yang cantik, dengan
menggunakan styling Android modern, yang hampir identik dengan aplikasi YouTube
itu sendiri. Ditambah lagi, karena anda dapat menambahkan konten apapun yang
anda sukai, maka anda dapat mengikuti semua saluran YouTube reguler, dan anda
tidak akan menemukan iklan dalam aplikasi ini.
7. Mobento
Aplikasi-aplikasi Android ini memungkinkan anda untuk mengunduh
video ke perangkat Android untuk melihatnya secara offline. Aplikasi Grace
tidak bisa melakukan hal ini. Jika Grace memiliki fitur tersebut, maka kita
mungkin tidak membutuhkan Mobento. Namun kedua aplikasi ini layak dimiliki.
Anda dapat mengunduh aplikasi Mobento dari Google
Mobento bekerja sedikit berbeda dari Grace. Anda tidak bisa
menambahkan konten anda sendiri di sini. Mobento berisi konten dari Khan
Academy, TED Talks, Yale dan sumber lainnya. Anda dapat mencari konten yang
anda inginkan dengan fitur pencarian yang unik dari aplikasi ini, yang
memungkinkan anda untuk melihat seberapa sering sebuah kata diucapkan. Misalnya
anda mencari kata “light and energy” bar berwarna merah dan biru akan muncul di
samping setiap hasil pencarian. Semakin besar bar biru, maka semakin jarang
kata “light” diucapkan, jika bar merah yang lebih besar maka semakin sering
kata “energy” diucapkan. Ini adalah cara menarik untuk menemukan konten yang
anda inginkan.
Sayangnya UI Mobento lebih buruk dari Grace. Warna dasarnya adalah
cokelat, dan stylingnya yang akan mengingatkan anda pada Android 2.3
Gingerbread, yang tampilannya tidak begitu bagus. Untungnya, aplikasi ini bebas
dari iklan.
8. Sparknotes
Sparknotes merupakan sumber daya yang paling mendidik untuk segala
jenis literatur, mulai dari Brave New World Aldous Huxley hingga Crito dari
Plato. Aplikasi ini tergolong sederhana. Sama dengan Mobento, aplikasi ini juga
menggunakan styling Android 2.3 Gingerbread serta disertai iklan yang berjalan
di bagian bawah layar.
Kita semua tentunya mengharapkan agar dapat mmeperoleh pendidikan
yang berkualitas dan gratis, akan tetapi hal ini tidak terjadi pada sebagian
besar orang di seluruh dunia. Jika kita memiliki perangkat Android dan Wi-Fi,
atau koneksi data, aplikasi-aplikasi ini sangat berharga. Kita dapat belajar di
mana saja, dan siswa akan merasakan bahwa belajar adalah hal yang menyenangkan.
D. PENGGUNAAN ANDROID UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN
Saat ini sudah sekian banyak aplikasi-aplikasi Android yang
tersedia di Google Play. Aplikasi-aplikasi yang tersedia memiliki masing-masing
kegunaannya sehingga membuat Gadget Android menjadi memiliki banyak manfaat
atau sering disebut multifungsi. Apalagi jika aplikasi tersebut dapat mendukung
kegiatan sehari-hari kita.
Bagi pengguna Android yang masih duduk di bangku sekolah, kalian
juga dapat memanfaatkan aplikasi-aplikasi android untuk mendukung kegiatan
belajar. Berikut ada 5 aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk belajar
materi-materi sekolah.
1. Mathematics Mentor.
Untuk sebagian orang, pelajaran Matematika dianggap menakutkan.
Memang tidak dapat dipungkiri juga bahwa pelajaran matematika memanglah susah
dan menuntut kita untuk berpikir lebih keras agar dapat mengerjakan soal yang
diberikan. Akan tetapi sebenarnya belajar matematika itu menyenangkan jika cara
belajar kita menggunakan media atau aplikasi yang tersedia di Android.
Mathematic Mentor merupakan salah satu aplikasi Android yang dapat
kita manfaatkan untuk belajar matematika. Didalam aplikasi Mathematic Mentor
terdapat penjelasan-penjelasan mengenai ilmu matematika tingkat SMA ataupun
yang lebih tinggi. Dengan aplikasi ini kita juga dapat belajar ilmu geometri,
aljabar, trigonometri, fungsi bilangan (x) dll. Selain itu aplikasi juga
menyediakan fitur untuk latihan soal untuk mengukur hasil belajar anak didik
atau siswa.
2. Star Chart
Melalui aplikasi Star chart ini kita dapat belajar tentang
benda-benda luar angkasa dengan visualisasi yang sangat menarik. Kita juga
dapat belajar mengenali nama bintang dan informasi lainnya yang terkait
misalnya koordinat, jarak dengan bumi, keluarga bintang, dll.
3. Speed Anatomy.
Apikasi Speed Anatomy dapat digunakan oleh siswa yang suka dengan
pelajaran biologi terutama mengenai anatomi tubuh manusia namanya Speed
Anatomy. Aplikasi Speed Anatomy disajikan seperti aplikasi game, kita dapat
memilih kategori apa yang akan kita mainkan. Kategori-kategori seperti otot,
organ pencernaan, organ pernafasan dan lain-lain. Selain itu dalam memainkan
permainan ini utnuk setiap jawaban benar akan mendapatkan poin sesuai waktu
yang kita gunakan, lebih cepat kita menjawab maka poin yang kita dapat akan
semakin tinggi. Sehingga kita belajar seperti sedang bermain game, lebih
mengasyikan dan tidak bosan.
4. Science Challenge
Aplikasi Science Challenge merupakan aplikasi yang berisi
soal-soal Sains yang dapat dikerjakan oleh siswa. Di aplikasi ini siswa dapat
memilih ilmu sains dari Fisika, Kimia, Geografi, Antariksa, Biologi dan
beberapa ilmu sains lainnya. Dari setiap pilihan ilmu sains tersebut siswa akan
ditugaskan untuk menjawab soal dengan model pilihan ganda.
Pada aplikasi Science Challenge ini siswa juga dapat mengerjakan
soal campuran yang berisi semua ilmu sains, jadi siswa tidak terpaku pada salah
satu ilmu sains saja. Selain ilmu sains, melalui aplikasi ini siswa juga dapat
belajar bahasa Inggris karena aplikasi ini ditampilkan dalam Bahasa Inggris,
sehingaa secara bersamaan kita dapat mempelajari bahasa inggris juga agar dapat
menyelesaikan soal dengan baik.
Terdapat juga fitur-fitur Android yang digunakan untuk belajar
kimia:
1. ChemMobile
ChemMobile adalah sebuah aplikasi pembelajaran kimia gratis
berbasis Android yang dapat membantu siswamemahami materi kimia dengan mudah
dan menyenangkan. Aplikasi ini dilengkapi dengan data berupa rumus kimia, nilai
tetapan/konstanta terkait perhitungan kimia, lambang dan informasi unsur kimia.
Dengan aplikasi kimia chemMobile ini siswa dapat mengetahui dan mempelajari
berbagai materi kimia diantaranya sebagai berikut:
a. Mengenal berbagai jenis unsur (Materi
Sistem Periodik Unsur)
b. Tata nama dan Persamaan reaksi kimia
c. Perhitungan kimia (Stoikiometri)
d. Kesetimbangan kimia
e. Hukum dasar kimia
f. Kelarutan dan Hasil kali kelarutan
(Ksp), dll
Dengan aplikasi tersebut siswa dapat memperoleh
kemudahan-kemudahan diantaranya :
Informasi sistem periodik unsur
Pada aplikasi kimia chemMobile siswa dapat mengetahui berbagai
informasi singkat tentang unsur, diantaranya nama unsur kimia, lambang unsur
kimia, nomor atom, massa atom, dan kelompok unsur kimia. Navigasi: Buka
ChemMobile > Reference > Periodic > Periodic Info > Select by atau
pilih berdasarkan nama, nomor, maupun lambang unsur.
Jika siswa menginginkan informasi mendalam tentang unsur kimia
terkait, siswa dapat lakukan dengan memilih get info yang terhubung langsung ke
situs referensi dunia wikipedia. Kita juga dapat melihat dalam bentuk tabel
sistem periodik unsur untuk mengetahui golongan dan periode unsur dengan cara:
Buka ChemMobile > Reference > Periodic > Periodic Tabel > Pilih
unsur kimia yang ingin diketahui.
Penyetaraan Reaksi Kimia
Untuk menyetarakan suatu reaksi, gunakan navigasi berikut:
Navigasi: Buka Aplikasi ChemMobile > Tools > Balance > Input zat-zat
pereaksi pada kolom Reactants > Input zat-zat hasil reaksi pada kolom
Products > Klik Balance > (Reaksi Setara). Sedangkan untuk persamaan
reaksi kimia yang melibatkan banyak pereaksi dan hasil reaksi kimia seperti
pada materi kimia menyetarakan reaksi redoks, aplikasi ChemMobile sangat
membantu karena hasil yang ditampilkan akurat sesuai dengan perhitungan. Tapi
jika kita mengerjakan soal kimia harus mempunyai prosedur untuk mendapatkan
hasil. Jadikan aplikasi kimia ChemMobile sebagai pembanding saja.
Menghitung massa, mol, dan volume (STP) zat berdasarkan persamaan
reaksi kimia. Kita dapat menghitung massa, mol, maupun volume zat berdasarkan
persamaan reaksi kimia yang sudah kita buat (sebelumnya harus disetarakan
terlebih dahulu) dengan memilih Stoichiometry, pilih satuan yang diinginkan dan
input jumlahnya seperti gambar di bawah ini.
Memahami perhitungan hukum dasar kimia
Dalam aplikasi kimia ChemMobile terdapat berbagai rumus
terkait hukum dasar kimia seperti hukum Boyle, Hukum Gay-Lussac (Hukum
perbandingan volume), persamaan gas ideal, dsb. Navigasi: Buka Aplikasi
ChemMobile > Tools > Gas Laws > Pilih rumus kimia lalu inputnya
nilainya pada kolom yang tersedia.
Menghitung massa molar zat
Massa molar zat adalah massa 1 mol suatu zat yang sama dengan Ar
atau Mr zat itu yang dinyatakan dalam gram/mol. Navigasi: Buka Aplikasi
ChemMobile > Tools > Molar Mass > Input zat atau senyawa yang ingin
diketahui massa molarnya > Calculate (hasil)
Kita juga dapat mengkonversi massa molar zat ini ke dalam satuan
gram maupun mol dengan cara memilih convert. Jika ingin mengetahui zat dalam
satuan gram inputkan jumlah mol zat tersebut, begitu juga sebaliknya.
Contoh: massa molar O2 adalah 31,998 g/mol (32 g/mol). Hitung
massa O2 jika diketahui 2 mol O2.
Rumus yang digunakan adalah:
gram O2 = mol O2 x massa molar O2
gram = 2 mol x 32 g/mol = 64 g O2
Untuk menyelesaikan soal di atas, pilih molar Mass > input O2
> Calculate > Convert > mole to Mass > Hasil (samakan dengan hasil
hitungan Anda dibuku). Bagian Other pada gambar di atas berfungsi untuk
mengetahui fraksi massa dan mol, serta rumus empiris suatu senyawa kimia.
Mengetahui kelompok unsur logam maupun non logam
Sistem periodik unsur terdiri dari berbagai jenis unsur logam,
semi logam, dan non logam. Di sini Anda dapat mengetahui klasifikasi
unsur-unsur kimia tersebut. Navigasi: Buka ChemMobile > Reference >
Charts > Activity Series.
Mengetahui berbagai rumus kimia yang terkait dengan perhitungan
kimia seperti persamaan gas, termokimia, elektrokimia, kesetimbangan kimia, dll
Navigasi: Buka ChemMobile > Reference > Charts > Formulas
Mengetahui berbagai jenis ion poliatomik lengkap dengan namanya
seperti CN- untuk sianida, AlO2- untuk alumina, CO32- untuk karbonat, dll
Navigasi: Buka ChemMobile > Reference > Charts >
Poliatomic Ions
Mengetahui berbagai jenis kation dan anion yang mudah larut dan
sukar larut
Navigasi: Buka ChemMobile > Reference > Charts >
Solubilit
2. Periodic Table (priodic droid)
Aplikasi di atas merupakan salah satu contoh aplikasi bagi
pengguna android yang berkonsentrasi pada mata pelajaran Kimia. Bagi pengguna
yang concern di bidang kimia tentu sangat familiar dengan istilah tabel
periodik berikut aplikasi serta implementasinya. Oleh karena itu salah satu
fitur utama aplikasi ini adalah tabel tersebut. Selain fitur tersebut aplikasi
ini juga menyediakan informasi penting dari setiap unsur seperti Blok, grup,
periode ataupun kandungan elektron.
Selain itu aplikasi ini juga menyediakan video tutorial untuk
beberapa objek. Sehingga dapat dijadikan alternatif untuk kita jika bosan
dengan belajar melalui membaca. Untuk mengetahui hasil belajar juga disediakan
fitur Quiz yang berisis pertanyaan-pertanyaan sesuai permasalahan yang telah
kita pelajari.
Aplikasi Periodic table ini dapat membantu kita belajar
tabel-tabel periodik. Dibuat semacam tutorial, Setiap unsur yang ada akan
diberikan keterangan penting seperti kandunga elektron, titik didih, struktur
dan keterangan yang diambil dari wikipedia. Selain kita dapat mengetahui hasil
belajar dengan fitur Quiz. Untuk bab dan kategori pertanyaannya dapat kita
diatur, sehingga kita dapat memilih apa yang mau diujikan.
3. Formulae
Formulae merupakan aplikasi yang berisi tentang rumus kimia dan
matematika, termasuk gugus fungsional, nama reaksi (termasuk mekanisme reaksi)
, dll. Beberapa fitur yang tersedia menyediakan rumus-rumus serta beberapa hal
lain tentang berbagai nama rekasi kimia dan mekanismenya. Untuk menghafalnya
kita hanya perlu menyentuh layar kita dan kita sudah dapat memperoleh informasi
rumus dan lain-lain. Berikut detail yang tersedia pada Formulae versi
Gratisan-nya.
· Functional group (gugus fungsi)
· Kinetics (kinetika)
· Themodinamycs (termodinamika)
· Electrochemistry (elektrokimia)
· Quantum mechanics (mekanika kuantum)
· Spectrocopy (spektrokopi)
· Named Reactions (Nama-nama reaksi kimia)
· Crystal Structures (struktur kristal)
Aplikasi ini dapat digunakan oleh siswa SMA hingga mahasiswa yang
sedang belajar tentang kimia organik, kimia fisika, kimia anorganik, dan kimia
kuantum.
4. Chemistry Helper
Chemistry Helper adalah sebuah aplikasi sederhana yang dirancang
sebagai referensi cepat untuk siswa yang belajar kimia. Termasuk tabel periodik
dengan link ke wikipedia, alat untuk menghitung massa molekul senyawa (dengan
tombol di bagian atas untuk melakukan perhitungan sederhana gram/mol,
menghitung persen massa, dan stoikiometri dengan senyawa itu), tabel ion
poliatomik, konstanta, aturan kelarutan, alat untuk menghitung molaritas dan
volume larutan, alat untuk mengkonversi antar unit yang biasa digunakan dalam
kimia, pencarian senyawa yang link ke mesin pencari kimia utama (dan
wikipedia, tentu saja), tabel potensial reduksi, gugus fungsi kimia organik,tabel
spektroskopi IR, NMR, dan C13, H1, NMR dan tabel ligan umum.
Android merupakan salah satu handphone pintar yang membantu kita
dalam belajar. Aplikasi dari fitur-fitur android di atas dapat kita gunakan
untuk membantu kita memecahkan masalah dalam belajar kimia
E. CARA MEMAKSIMALKAN ANDROID UNTUK PEMBELAJARAN.
Android sangat menunjang pembelajaran dengan berbagai fitur yang
telah disediakan. Semua fitur-fitur yang tersedia sangat bermanfaat untuk
membantu siswa memahami materi pembelajaran, sehingga guru tidak perlu
menjelaskan secara berulang-ulang siswa dapat lebih mudah memahami materi
pembelajaran melalui media. Selain itu siswa cenderung lebih suka belajar
dengan media dibanding hanya dengan mendengarkan penjelasan dari guru, siswa
akan lebih sulit dalam memahami apa yang disampaikan.
Guru harus dapat memilih jenis media atau fitur-fitur yang akan
digunakan dalam pembelajaran agar proses belajar mengajar dapat maksimal. Untuk
dapat maksimal dalam menggunakan Android sebagai media pembelajaran kita harus
mengetahui terlebih dahulu beberapa hal yaitu :
a. Aplikasi apa yang akan digunakan
Tanpa mengetahui aplikasi apa yang akan kita gunakan kita tidak
akan maksimal dalam penggunaannya. Oleh karena itu sebelumnya kita harus
mengetahui aplikasi apa yang akan digunakan, apakah sesuai dengan materi yang
kan disampaikan atau tidak sehingga penggunaan aplikasi dapat maksimal.
b. Kegunaan dari aplikasi yang digunakan
Kita jelas harus mengetahui apa kegunaan aplikasi yang kita
gunakan sehingga kita dapat menggunakannya dengan maksimal. Jika kita tidak
mengetahui kegunaan dari aplikasi yang akan kita gunakan kita hanya akan
menemui kebingungan dan berakibat rancu dalam pembelajaran. Tujuan yang
seharusnya dapat dicapai dengan mudah tetapi karena kita tidak mengetahui
kegunaan aplikasi yang kita gunakan akhirnya tujuan tidak tercapai dan hanya
membuang waktu sia-sia.
c. Cara mengoperasikan aplikasi yang akan
digunakan
Jika kita akan menggunakan suatu media hal yang paling penting
yaitu mengetahui bagaimana cara mengoperasikan media yang akan digunakan. Dapat
kita bayangkan jika kita tidak mengetahui bagaimana cara mengoperasikan sebuah
media yang akan digunakan dalam pembelajaran, mungkin bisa saja guru akan
ditertawakan oleh muridnya. Sebuah materi pelajaran yang seharusnya dapat lebih
mudah dipahami jika disampaikan melalui media akan sangat sulit dipahami siswa
jikalau sang guru tidak menguasai cara bagaimana menggunakan media atau
aplikasi yang digunakan. Oleh karena itu kita harus mengetahui cara menggunakan
aplikasi yang akan digunakan sehingga penggunaan media dapat efisien dan
efektif.
d. Kelebihan dan kekurangan aplikasi yang
digunakan
Kelebihan dan kekurangan aplikasi yang digunakan wajib diketahui
bagi orang yang akan menggunakan aplikasi untuk oembelajaran agar pembelajaran
efektif dan dapat mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan dari aplikasi yang
digunakan.
e. Mudah atau tidaknya aplikasi yang akan
digunakan
Media pembelajaran yang baik yaitu media yang dapat dengan mudah
dioperasikan sehingga guru tidak merasa kebingungan dan tidak membuang waktu
banyak. Karena tidak dapat dipungkiri banyak aplikasi atau media pembelajaran yang
sulit dioperasikan sehingga guru merasa ribet. Hal itu akan mengganggu
pembelajaran dan tujuan pembelajaran tidak dapat dicapai dengan mudah. Oleh
karena itu seorang guru harus mengetahui apakah aplikasi yang akan digunakan
mudah dioperasikan atau tidak.
f. Efektif dan efisien atau tidaknya
aplikasi yang digunakan
Guru seharusnya dapat memilih media yang akan membuat pembelajaran
efektif dan efisien. Jika pembelajaran efektif dan efisien maka tujuan
pembelajaran akan mudah tercapai dan siswa dapat lebih cepat memahami materi
yang disampaikan. Jadi sebelum guru menggunakan aplikasi untuk pembelajaran
harus mengetahui terlebih dahulu apakah efektif dan efisien media atau aplikasi
yang digunakan.
Keenam hal di ataslah yang seharusnya diketahui oleh guru atau
pengajar yang hendak menggunakan aplikasi android sebagai media pembelajaran,
sehingga penggunaan aplikasi android sebagai media pembelajaran dapat maksimal
dan tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan cepat sesuai yang diinginkan.
F.CARA MENGATASI DAMPAK NEGATIF DARI PENGGUNAAN ANDROID SEBAGAI
MEDIA PEMBELAJARAN
Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap media tidak ada yang sempurna,
walaupun kita sadar dengan adanya sebuah media pembelajaran dapat menunjang
proses pembelajaran menjadi efektif dan efisien. Sebuah media pembelajaran
pasti mendatangkan dua dampak yaitu dampak positif dan dampak negatif. Dampak
positif yaitu dengan adanya media pembelajaran guru terbantu dalam
pengajarannya, karena melalui sebuah media pembelajaran siswa dapat lebih mudah
memahami materi yang disampaikan, sehingga guru tidak perlu mengulang
berkali-kali. Dampak negatifnya salah satunya yaitu guru atau pengajar menjadi
kurang kreatif, karena sudah disediakan media pembelajaran yang dapat membantu
proses pembelajaran.
Yang harus kita pikirkan saat ini adalah bagaimana kita mengatasi
dampak negatif dari sebuah media pembelajaran yang digunakan agar tidak
mengganggu atau menghambat proses pembelajaran. Dan yang akan dibahas di sini
yaitu mengenai bagaimana cara mengatasi dampak negatif dari penggunaan Android
sebagai media pembelajaran. Untuk mengatasi dampak negatif guru atau pengajar
dapat mengawasi anak-anak dalam menggunakan aplikasi, karena jika tidak diawasi
anak-anak dapat membuka aplikasi-aplikasi yang tidak baik dan dapat mengganggu
pembelajaran. Selain itu guru atau pengajar juga harus tetap mengkombinasikan
cara mengajar, tidak selalu menggunakan media atau aplikasi sehingga guru tetap
kreatif dan siswa tidak mengalami ketergantungan.
III. PENUTUP
A. KESIMPULAN
Android merupakan sistem operasi berbasis Linux, yang termasuk ke
dalam sistem operasi open source yang dirancang untuk perangkat seluler layar
sentuh misalnya telepon pintar dan tablet. Kegunaan Android dapat dilihat dari
fitur-fitur yang tersedia seperti Handset layout, penyimpanan,
konektivitas, web browser, pesan, beberapa dukungan bahasa, dukungan Java,
dukungan media, Dukungan media streaming, Tambahan dukungan hardware, Multi-touch,
Bluetooth, Panggilan video, Multitasking, Fitur suara berbasis, Penarikan, dan
Screen capture.
Android juga dapat digunakan sebagai media pembelajaran karena
menyediakan banyak aplikasi-aplikasi yang mendukung pembeljaran diantaranya
yaitu Math Workout, Words,Words,Words, UUD 45 RI, Sejarah Indonesia, Grace,
Edmodo Android app, Mobento, Sparknotes. Selain itu terdapat juga
aplikasi-aplikasi tambahan untuk menunjang pembelajaran kimia seperti Chem
Mobile, Periodic Table, Formulae dan Chemistry Helper. Terdapat juga aplikasi
Mathematic Mentor untuk pembelajaran matematika, Speed Anatomy untuk pembelajar
mengenai anatomi tubuh, Start Chart untuk mempelajari benda-benda luar
angkasa, dan Science Challenge untuk pembelajaran sains.
Untuk dapat menggunakan aplikasi Android sebagai media
pembelajaran guru harus mengetahui sedikitnya 6 hal agar penggunaan Android
sebagai media pembelajaran dapat maksimal dan benar-benar dapat menunjang
proses pembelajaran. Selain itu guru juga harus mampu mengatasi dampak negatif dari
penggunaan Android sebagai media pembelajaran misalnya denganmengawasi sang
murid dalam menggunakan aplikasi yang ada di Android agar tujuan tidak
melenceng ke arah yang tidak diinginkan. Dengan begitu tujuan pembelajaran
dapat tercapai dan proses pembelajaran tidak akan terganggu. Seorang guru juga
seharusnya melakukan kombinasi dalam model mengajarnya sehingga tetap kreatif.
B. SARAN
Penulis akan memberikan beberapa saran kepada pembaca melalui
makalah ini.
1) Kita harus dapat memanfaatkan perkembangan
tekonologi untuk memajukan pendidikan negara kita.
2) Kita harus pandai-pandai memilih media
pembelajaran yang akan digunakan yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.
3) Kita juga seharusnya dapat menciptakan atau
membuat media pembelajaran sendiri tidak hanya sebagai konsumen.
4) Guru seharusnya dapat memaksimalkan penggunaan
Android sebagai media pembelajaran.
5) Sebagai calaon guru atau pengajar kita harus
mempelajari teknologi informasi dan komunikasi agar kita tidak ketinggalan
dengan perkembangannya yang sangat pesat.
DAFTAR PUSTAKA
Tony. 2012. 5 Aplikasi Android buat Belajar Pelajaran Sekolah.
http://www.aplikanologi.com/edukasi/5-aplikasi-android-buat-belajar-pelajaran
sekolah/. Diunduh tanggal 16 September 2013.
http://id.wikipedia.org/wiki/Android_(sistem_operasi). Diunduh
tanggal 16 September 2013.
http://guraru.org/guru-berbagi/aneka_aplikasi_android_untuk_pendidikan/
. Diunduh tanggal 16 September 2013.
http://kikiozil.wordpress.com/2012/01/23/apakah-kegunaan-android/.
Diunduh tanggal 16 September 2013.
http://fajansf.wordpress.com/2013/03/30/berbagai-fitur-android-untuk-belajar-kimia/.
Diunduh tanggal 16 September 2013.
http://www.noorjihan.com/daftar-dan-kumpulan-aplikasi-aplikasi-android-untuk-pendidikan/.Diunduh
tanggal 16 September 2013.
assalamualaikum.
BalasHapussaya tertatik dengan judul makalah anda, dan saat ini saya ingin melakukan penelitian tersebut.
saya ingin bertanya bagaimana cara membuat media tersebut? menggunakan macromedia flash kah?
hasil TA nya ini ada ngk
BalasHapusZip... inspiratif
BalasHapusapik. lumayan
BalasHapusNice banget infonya semoga sukses selalu
BalasHapusjangan lupa mampir
Software Bimbel
Sangat setuju dengan berbagai manfaat yang ditawarkan penggunaan smartphone dalam pembelajaran. namun beberapa dampak negatif juga perlu diantisipasi, sebagaimana diuraikan dalam artikel berikut:
BalasHapushttps://www.weedutap.com/2020/06/dampak-negatif-penggunaan-telepon.html
NYONYA. UMAR DEWI saya rakyat Indonesia, saya ingin membagikan apa yang telah dilakukan Tuhan Yang Maha Esa dalam hidup saya di sini pada platform ini agar semua WNI harus berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Tuhan membantu saya melalui Pemberi Pinjaman yang baik, LASSA JIM. Setelah begitu banyak tertipu oleh lander palsu dan lembaga pinjaman yang berbeda, saya kehilangan lebih dari 45 juta rupiah dengan pemberi pinjaman yang berbeda karena saya mencari pinjaman (Rp800) setelah membayar biaya dan tidak mendapatkan pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya, yang kemudian memperkenalkan saya dengan Ibu LASSA JIM, pemberi pinjaman di sebuah perusahaan bernama LASSA JIM LOAN COMPANY sehingga teman saya meminta saya untuk melamar ibu LASSA, jadi Saya mengumpulkan keberanian dan menghubungi Ny. LASSA.
BalasHapusSaya mengajukan pinjaman 3,5 miliar rupiah dengan tingkat bunga 2%, jadi pinjaman disetujui tanpa tekanan dan semua pengaturan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan keamanan untuk transfer pinjaman yang baru saja saya sampaikan. dapatkan perjanjian lisensi, aplikasi mereka untuk mentransfer kredit saya dan lihatlah dalam waktu kurang dari 48 jam pinjaman itu disetorkan ke rekening bank saya.
Saya menerima telepon dari bank saya bahwa rekening saya telah dikreditkan dengan jumlah 3,5 miliar. Saya sangat berterima kasih kepada ibu LASSA JIM yang Tuhan gunakan untuk menjawab doa saya. Mereka juga memberikan nasihat kepada konsultan dan ahli tentang jenis bisnis dan strategi investasi. Semoga Tuhan meninggikan Ibu LASSA JIM. Saya sarankan kepada siapapun yang berminat mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ibu LASSA melalui email: lassajimloancompany@gmail.com
Anda juga dapat menghubungi nomor JIM ibu LASSA whatsApp +1(301)969-1955.
Terakhir, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: Umardewidua@gmail.com.
Sekali lagi nama saya UMAR DEWI.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus