BERANDA PROFIL

SETTING MIKROTIK DASAR

SETTING MIKROTIK DASAR
Administrasi jaringan dengan basis system operasi Mikrotik Router OS, system operasi ini adalah system turunan dari Linux yang di kembangkan lebih lanjut sehingga menjadi system operasi yang cukup handal untuk fungsi administrasi ( pengaturan ) jaringan computer. System operasi Mikrotik merupakan system operasi komersial, hal ini sebanding dengan kemudahan yang diberikan dalam penerapannya dibandingkan dengan system operasi berbasis Linux yang lain.

Untuk melakukan pengaturan terhadap fungsi jaringan Mikrotik memberikan beberapa pilihan akses, antara lain; melalui Command Line Interface ( CLI ), melalui Winbox sebagai aplikasi control melalui system operasi Windows, dan Web Inerface yang dapat di akses melalui web browser.

Tampilan control memalui Winbox :
Langkah awal untuk melakukan konfigurasi melalui winbox, adalah melakukan download program winbox yang dapat diambil dengan melakukan download ke alamat IP address router, dengan format : http://ip-router-mikrotik/winbox/winbox.exe

1. Jalankan aplikasi winbox pada PC windows yang terhubung ke jaringan Router Mikrotik. Berikan informasi ; IP address, User Name dan Password, sesuai dengan hak akses yang dimiliki.

2. Hak akses user pada Mikrotik secara garis besar terbagi dalam tiga group, antara lain ; Read untuk user yang hanya dapat melakukan akses dan melihat konfigurasi yang telah ada, Write untuk user yang dapat melakukan konfigurasi dengan batasan fungsi tertentu dan hasil konfigurasi tidak bersifat permanen, Full untuk user yang memiliki hak akses dan konfigurasi penuh terhadap system secara keseluruhan.


lihat makalah selengkapnya di sini.
lihat power point selengkapnya di sini.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © / My Story

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger